Stiker Lantai Motif Kayu: Menghadirkan Kesan Natural Dengan Biaya Murah

Stiker lantai motif kayu

Stiker lantai motif kayu – Stiker yang selama ini kita kenal merupakan aksesoris yang biasa diaplikasikan sebagai dekorasi dinding.

Namun tahukah kamu? sekarang telah hadir stiker khusus lantai yang mengusung motif kayu lho. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi mereka yang memiliki budget minim sebagai pengganti parket kayu.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena stiker lantai motif kayu menawarkan harga yang jauh lebih murah dari parket solid.

Lalu, stiker lantai motif kayu terbuat dari bahan apa? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Bahan Stiker Lantai Motif Kayu

Pada dasarnya, Vinyl merupakan material penutup lantai yang mempunyai tekstur lentur dan elastis namun masih tetap kuat.

Hal tersebut dikarenakan materialnya terbuat dari polyvinyl chloride (PVC) sejenis thermo plastik yang dicampur dengan bahan-bahan kimia lainnya.

Mengenal Bahan Stiker Lantai Motif Kayu

Setidaknya ada tiga lapisan utama yang terdapat pada bahan vinyl, seperti compact layer, glass fiber, dan printed layer.

Sedangkan bagian finishing terluarnya berupa UV Coated Wear layer, sehingga tampilannya tampak lebih mengkilap dan terasa licin.

Pada setiap lembaran vinyl ini sudah dilengkapi dengan perekat di bagian bawah, dan tentu saja tidak membutuhkan media perekat seperti lem saat proses pemasangan dilakukan (tidak untuk jenis vinyl tile).

Lantai vinyl dapat dipasang di hampir semua ruangan, serta mudah dibongkar pasang. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl selalu menjadi andalan bagi mereka yang tinggal di hunian sementara, seperti apartemen, kos-kosan, kontrakan, dan sebagainya.

Baca juga: Rekomendasi 5 Jenis Lantai yang Cocok Untuk Kamar Mandi

3 Tipe Stiker Lantai Motif Kayu

1. Vinyl Plank

Di Indonesia, tipe Vinyl Plank ini lebih populer dengan istilah parket vinyl. Ya, hal ini dikarenakan tampilan bentuknya berupa persegi Panjang sehingga menyerupai parket kayu.

Tak hanya dari bentuknya saja, bahkan pemasangan Vinyl Plank juga tidak berbeda jauh dengan cara pemasangan parket kayu.

tipe Vinyl Plank

Untuk cara pemasangannya, Vinyl Plank biasanya menggunakan system susun bata. Salah satu ciri khas dari Vinyl Plank yang berbeda dari jenis vinyl roll, yakni memiliki motif timbul (embossed).

Hal itu bertujuan agar bagian permukaan Vinyl Plank dapat memberikan sensasi yang lebih berbeda saat dipijak.

Disamping itu, Vinyl Plank juga sudah dilengkapi dengan permukaan bertekstur halus (non embossed) sehingga dapat memudahkan kita saat membersihkannya.

Pada umumnya, sticker lantai Vinyl Plank ini tersedia ke dalam ukuran lebar sekitar 10 – 20 cm, panjang 90 – 100 cm, dan ketebalan yang berkisar antara 2 hingga 3 cm.

Baca juga: Yuk, Kenali Jenis Deck Terbaik untuk Kolam Renangmu!

2. Vinyl Tile

Mengenai tampilan bentuknya, jenis Vinyl Tile ini sangat mirip dengan keramik. Vinyl Tile menyediakan berbagai ukuran sehingga dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

Kendati demikian, sticker lantai Vinyl Tile juga menyediakan motif kayu dengan tekstur halus dan motif timbul (embossed).

tipe Vinyl Tile

Ada pula motif Vinyl Tile lainnya yang dapat kamu pilih, mulai dari motif keramik, marmer, karpet, granit, batu-batuan, polos, dan sebagainya.

Dari segi pemasangan, Vinyl Tile ini memang lebih mudah ketimbang jenis Vinyl plank. Bagaimana tidak? sebab proses pemasangannya hanya membutuhkan lem sebagai media perekatnya.

Akan tetapi, Vinyl Tile harus dipasang di atas permukaan lantai yang rata. Apabila permukaan lantai dasarnya tidak rata, maka Vinyl Tile akan terlihat bergelombang.

Adapun mengenai beberapa teknik pemasangan Vinyl Tile yang umum digunakan, seperti teknik susun model bata, model lurus, susunan vertical dan horizontal.

3. Vinyl Roll

Sesuai dengan namanya, Vinyl Roll tampil dalam bentuk gulungan berukuran lebar seperti karpet. Itu sebabnya, mengapa tipe vinyl ini sering juga disebut dengan istilah karpet vinyl.

Biasanya Vinyl Roll menghadirkan beragam ukuran. Namun, ukuran Vinyl Roll yang paling umum dijumpai itu memiliki lebar 2 meter dan panjang berkisar 20 – 25 meter untuk setiap gulungannya.

tipe Vinyl Roll

Adapun mengenai ukuran ketebalannya yang mencapai 0,5 mm hingga 2,2 mm. Tak hanya itu, terdapat pula lapisan anti gores dengan ketebalan sekitar 0,1 mm hingga 1,5 mm.

Selain motif kayu, jenis Vinyl Roll juga menghadirkan varian motif lainnya seperti granit, marmer, polos, dan masih banyak lagi.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Vinyl Roll ini sudah dilengkapi dengan lapisan anti kimia dan anti bakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri serta hal-hal yang bisa memicu kerusakan.

Disamping harganya yang relative murah, Vinyl Roll tidak sulit untuk kita jumpai di toko bahan bangunan.

Baca juga: Lantai WPC: Gaya Nyaman dan Serba Bisa Buat Rumahmu!

Penutup:

Demikianlah ulasan singkat mengenai berbagai tipe stiker lantai motif kayu, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan stiker lantai kayu tersebut?

Belum ada Komentar untuk " Stiker Lantai Motif Kayu: Menghadirkan Kesan Natural Dengan Biaya Murah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel