Ini 5 Jenis Lantai yang Tepat Untuk Lapangan Squash

 

Lantai untuk lapangan squash

Lantai untuk lapangan squashTerkadang, dalam dunia olahraga, hal yang paling penting bukan hanya peralatan atau teknik bermain, tapi juga permukaan tempat bermainnya sendiri.

Ini berlaku juga untuk olahraga squash yang seru ini. Lantai untuk lapangan squash sebenarnya punya peran penting dalam mengubah pengalaman bermain.

Sebelum membahas seputar jenis lantainya, lebh baik kita berkenalan dulu dengan olahraga squash. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Mengenal Olahraga Squash

Sebenarnya peralatan olahraga squash memang tampak seperti tenis, yakni berupa raket dan bola tennis berbentuk bulat. Hanya saja bola tersebut berwarna hitam.

Mengenal Olahraga Squash

Namun, ada dua hal yang membedakan antara olahraga squash dengan tenis. Untuk perbedaan yang pertama terdapat pada lawan main.

Apabila lawan main pada olahraga tenis adalah manusia, maka lawan main pada olahraga squash adalah tembok alias dinding.

Bukan hanya itu, olahraga tenis umumnya dilakukan di area terbuka alias outdoor, sedangkan olahraga squash harus dilakukan di area indoor.

Baca juga: Mempercantik Area Balkon Rumah Dengan 6 Jenis Lantai Ini

Nah, itulah yang menjadi alasan mengapa penggunaan alas lantai untuk lapangan squash menjadi poin paling mendasar. Pasalnya, tidak semua material itu cocok diaplikasikan sebagai alas lantai lapangan squash.

Adapun mengenai beberapa jenis material terbaik yang cocok diaplikasikan pada lapangan squash seperti berikut:

5 Jenis Material Lantai Lapangan Squash Paling Umum

1. Lantai Kayu Solid

Sesuai dengan namanya, dimana material lantai yang satu ini terbuat dari bahan kayu solid alias kayu asli.

Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan kayu solid alias asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetan lantai kayu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Lantai Kayu Solid

Tak hanya kokoh dan kuat, penggunaan lantai kayu solid juga tentunya dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan squash itu sendiri.

Terlebih untuk jenis parket jati yang memang terkenal dengan keindahan dan keawetannya.

Bukan hanya itu, bahkan lantai kayu solid jati juga memiliki tekstur yang empuk dan kesat sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset.

Baca Selengkapnya: Mengetahui Kualitas Lantai Kayu Jati

2. Lantai Interlock

Umumnya lantai interlock ini kerap diaplikasikan pada fitness center atau tempat gym. Hal itu bukan tanpa alasan, karena materialnya terbuat dari bahan polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang tinggi.

Lantai Interlock

Seiring dengan perkembangan zaman, kini lantai interlock juga kerap diaplikasikan pada lapangan squash.

Tak hanya awet, lantai yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap serangan hama serangga, anti jamur, hingga anti bakteri. 

Adapun mengenai beragam varian warna yang tersedia, mulai dari yang gelap, terang, dan netral. Dari segi pemasangan, lantai interlock ini terbilang cukup mudah. 

Pasalnya, lantai interlock sudah dilengkapi dengan fitur knock down sehingga anda hanya tinggal membongkar pasang saja.

Menariknya lagi, pada setiap sudutnya terdapat kuncian yang akan mempermudah kita saat memindahkan atau memasangnya kembali.

Akan tetapi, cara perawatan lantai interlock tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Saat hendak mengepelnya, sebaiknya anda menggunakan pel yang bertekstur lembut agar terhindar dari goresan.

3. Lantai Vinyl

Dilihat dari tampilan fisiknya, selintas lantai vinyl ini memang tampak seperti parket solid. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab ada beberapa produk lantai vinyl yang dibuat dengan motif kayu.

Lantai Vinyl

Padahal, sebenarnya lantai vinyl bukan bagian dari jenis lantai kayu parket, melainkan sejenis lantai sintetis. Hal itu terbukti, yang mana tekstur lantai vinyl lebih lentur dan elastis.

Dari segi materialnya, lantai vinyl terbuat dari pahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan paralon atau pipa air.

Berbicara soal tingkat kekuatan, tentunya lantai vinyl tidak sekuat lantai parket solid. Secara kualitas, tentu saja lantai vinyl ini berada jauh dibawah lantai kayu solid.

Meski demikian, lantai vinyl masih tetap ideal digunakan untuk lapangan squash maupun lapangan indoor lainnya.

Artikel Terkait: Kualitas Lantai Kayu Vinyl

4. Lantai SPC

Selain vinyl, SPC flooring juga merupakan salah satu jenis parket sintetis lantai cocok diaplikasikan pada lapangan squash.

Istilah SPC singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia merupakan produk lantai sintetis yang terbuat dari bahan limestone (batu kapur) untuk membuat dasar lantai yang kokoh dan kuat.

Lantai SPC

Adapun materialnya yang terdiri dari berbagai campuran bahan, seperti batu kapur, serbuk PVC, dan stabilizer. Dinilai dari strukturnya, lantai SPC terbagi menjadi 4 bagian lapisan.

Untuk lapisan pertama adalah wear layer yang berfungsi sebagai pelindung dari goresan dan noda pada permukaan lantai SPC, sedangkan lapisan kedua berupa printing film yang berperan sebagai warna atau pola dari lantainya.

Itu artinya, ada tipe produk lantai SPC yang menggunakan underlayment dan ada juga yang tidak menggunakan underlayment.

Lantai SPC pun menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan peran lantai kayu solid, karena harga yang ditawarkannya memang lebih murah.

5. Laminated Flooring

Laminated flooring atau lantai laminasi terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin, serta memiliki ketebalan sekitar 8 mm sampai 12 mm. Sementara ukuran panjangnya mecapai sekitar 1,28 meter hingga 1,3 meter.

Bukan hanya itu, lantai laminated juga sudah dibekali dengan system klik (interlock) pada bagian kanan dan kirinya sehingga membuat proses pemasangannya menjadi lebih mudah.

Adapun empat lapisan yag terdapat pada lantai laminated seperti berikut:

Laminated Flooring

  • Pada bagian paling bawahnya berupa lapisan pelindung berbahan melamin yang berguna untuk melindungi kayu dari kelembapan.
  • Untuk bagian atasnya terdapat bahan utama yang disebut High Density Fiber (HDF)
  • Pada bagian atasnya lagi terdapat material dekoratif bermotif kayu sehingga tampilannya menyerupai kayu asli
  • Untuk bagian paling atas terdapat lapisan film transparan yang berguna sebagai pelindung anti gores dan anti air.

Baca Selengkapnya: Apa yang di maksud parquet,flooring,atau laminated?

Nah, itulah beberapa jenis material lantai terbaik untuk lapangan squash, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Ini 5 Jenis Lantai yang Tepat Untuk Lapangan Squash"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel